Dari sekian
banyak pekerjaan yang diminati di bidang perhotelan, ada satu departemen yang
ternyata tidak begitu banyak menarik perhatian para kalangan muda yang ingin
melanjutkan sekolah di dunia perhotelan. yaitu Housekeeping.
Housekeeping atau dalam
bahasa Indonesia disebut Tata Graha merupakan salah satu departemen yang berada
di dalam divisi yang disebut Room
Division atau Divisi Kamar. Departemen lain yang berada dalam Divisi Kamar
adalah Front office atau Kantor
Depan. Jadi ketika akan mengambil suatu pilihan, daftar Housekeeping tidak tertera, melainkan nama Rooms Division yang terdapat di daftar selain Food and Beverage Service, Food & Beverage Product, Bakery and
Pastry Production, Tours and Travel dan sebagainya.
Rooms Division sendiri merupakan sebagai sebuah divisi di hotel yang terdiri gabungan
departemen dan fungsi yang memiliki peran penting dan bertanggung jawab
terhadap penyediaan dan pemesanan kamar berikut memberikan pelayanan jasa
kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel,
termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta pencucian dan pemeliharaan
linen yang digunakan oleh departemen lain.
Bagian yang
bertanggung jawab dalam hal penyediaan dan pemesanan kamar adalah Front office Department atau Departemen
Kantor Depan. Sedangkan bagian yang bertanggung jawab terhadap pelayanan jasa
kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum adalah Housekeeping Department atau Departemen
Tata Graha. Dalam lingkup Housekeeping
ini, Laundry atau Binatu merupakan
satu bagian di dalamnya yang bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan
pencucian pakaian tamu serta pencucian, penyimpanan dan pemeliharaan linen yang
digunakan oleh Housekeeping maupun
departemen lain.
Kurangnya
minat para pelajar untuk mempelajari Housekeeping
ini memang dapat dilihat dari perbedaan antara tugas yang dilakukan oleh
Staff Housekeeping dengan Staff
departemen lain. Dalam satu divisi sendiri di Rooms Division, antara Housekeeping
dan Front office memiliki perbedaan
yang sangat menonjol.
Front office yang
bertanggung jawab terhadap penyediaan dan pemesanan kamar tamu memiliki
penampilan pakaian seragam kerja (uniform)
yang lebih rapi dengan dasi dan jas yang dikenakan oleh Staff Front office, sedangkan Staff Housekeeping hanya memiliki penampilan
pakaian seragam yang biasa-biasa saja, seperti baju lengan pendek dengan celana
panjang yang di beberapa hotel menambahinya dengan "aksesoris" garis
vertical memanjang di sisi kanan kiri celana panjangnya.
Pemilihan
pakaian seragam tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Staff Front office setiap hari akan bertemu
dengan tamu, baik yang datang untuk check
in atau menginap, memesan kamar atau keperluan lain, dan juga datang untuk
meninggalkan hotel atau check out.
Pakaian di Front office yang dipilih
secara tepat agar memberikan image
atau kesan dan pandangan yang baik di mata tamu-tamu tidak hanya terhadap Staff
atau departemen itu sendiri, namun juga terhadap hotel tersebut.
Sedangkan
untuk Staff Housekeepingpun haras
dipilih yang sesuai dengan suasana kerja dan beban kerja yang dilakukannya.
Mengenakan pakaian seragam yang sepraktis mungkin serta senyaman mungkin
merupakan hal yang diperhatikan untuk Staff Housekeeping
mengingat tugas Staff Housekeeping
yang 85% berada di lapangan, seperti tugas pembersihan dan perawatan area
dibanding kerja administrasi. Seorang Room
Attendant atau Public area Attendant
tidak mungkin mengenakan dasi atau jas dalam melakukan tugasnya sehari-hari.
Namun
pakaian kerja bukanlah alasan untuk tidak melirik Housekeeping, karena Housekeeping
sendiri merupakan departemen yang sama derajat kepentingannya dengan departemen
lain, seperti Front office, Food &
Beverage Service dan Product, Sales & Marketing dan sebagainya.
Penanganan,
pelayanan dan pemeliharaan yang terencana dengan baik dalam menuju standard
kebersihan, kerapian dan kenyamanan yang menjadi tugas dan tanggung jawab Housekeeping di seluruh area hotel akan
meyakinkan tamu akan kepuasan yang didapatkan. Ini merupakan peran besar dalam
ruang lingkup pentingnya Housekeeping
Department dalam setiap detak kehidupan hotel. Nyaman, bersih, rapi, indah
dan terawatnya hotel merupakan jaminan bagi tamu untuk terus dapat menikmati
hotel selama menginap dan jaminan akan kembalinya tamu ke hotel pada masa
mendatang.
Hal lain
yang perlu dipahami mengenai Housekeeping
adalah bahwa departemen ini merupakan bagian yang memegang peranan yang
sangat penting atas kelancaran operasional di setiap hotel. Apalagi tanggung
jawabnya yang luas itu tidak hanya untuk pelayanan dan kepuasan tamu, namun
juga untuk kepentingan departemen lain dan juga untuk manajemen.
Tidak ada
satu departemenpun yang dapat menjalankan fungsi dan tugasnya dengan lancar
tanpa mendapat pelayanan dari Housekeeping
Department. Semua department tentu sangat memerlukan bantuan Housekeeping Department saat mereka akan
menjalankan tugasnya. Seperti banquet,
restaurant,front office, sales dan lain-lain.
Keyakinan
dan kepercayaan diri ini yang sampai sekarang belum dapat ditanamkan kepada
para calon hotelier yang ingin tumbuh
dan berkembang di Housekeeping Department.
Amat disayangkan sekali melihat kenyataan bahwa kebanyakan dari mereka bukanlah
para hotelier lulusan sekolah
pariwisata, melainkan mereka yang lulusan sekolah menengah atas yang memang
mencari kerja.
Kalaupun ada
di antara mereka yang lulusan sekolah pariwisata yang menekuni Housekeeping Department dan berhasil
menduduki posisi puncak sebagai Executive
Housekeeper, dan hingga posisi Rooms
Division Manager, bahkan pada tingkat puncak sebagai General Manager di sebuah hotel, itupun masih dapat dihitung dengan
jari, namun ini sudah dapat dijadikan sebagai contoh suatu keberhasilan, bahwa hotelier yang bekerja di Housekeeping Department juga dapat
berhasil menjadi pimpinan puncak, bukan hanya sebagai pekerja yang
sehari-harinya hanya mengurusi kebersihan kamar tamu, public area, toilet dan
sebagainya.
Hal ini
tinggal bagaimana meyakinkan para calon hotelier
untuk dapat memahami fungsi dan posisi Housekeeping
itu sendiri dan jenjang karier yang sama besar dan sama pentingnya dengan
mereka yang bekerja di departemen lain yang mengenakan uniform rapi, mengingat keberhasilan seseorang bukan hanya dilihat
dari departemennya atau pakaian kerjanya, namun dari potensi, bakat, kemampuan,
keinginan besar dan antusiasme untuk dapat berkembang menuju keberhasilan.
Buat para
rekan rekaan yang saat ini di housekeeping jangan merasa kita tidak best,kita
is the best , ingat tanpa housekeeping, hotel itu tidak akan bisa berjalan
lancer,,!! By RAMLI AHMAD,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar